jfisikaunm@gmail.com (0411)840662

Jurusan Fisika UNM Adakan Program Kemitraan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kapasitas Guru Melalui Pengintegrasian Pembelajaran dengan Etnosains (Kearifan Lokal) di SMP Negeri 1 Pallangga

(Fisika – Makassar) – Senin (15/11/2021), Dosen jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) “Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mengintegrasikan Pembelajaran dengan Etnosains (Kearifan Lokal) di SMP Negeri 1 Pallangga”. Dosen tersebut merupakan tim yang terdiri dari tiga orang, yang diketuai oleh Drs. Abdul Haris, M.Si. dengan beranggotakan Dr. M. Agus Martawijaya, M.Pd. dan Ahmad Dahlan, S.Pd. Kegiatan PKM dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta yang merupakan guru-guru SMP Negeri 1 Pallangga.

Drs. Abdul Haris, M.Pd. selaku pelaksana kegiatan PKM menuturkan bahwa “Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian dosen kepada instansi mitra. Kegiatan ini dimaksudkan untuk sharing pengalaman dan pengetahuan tentang perkembangan pembelajaran yang telah dikaji oleh dosen UNM”

Penyaji dalam kegiatan PKM ini yaitu Dr. M. Agus Martawijaya, M.Pd yang memaparkan tentang bagaimana mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran. Dimana Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan kaya akan situs budaya dan kearifan lokal (local wisdom) yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran dalam rangka pembentukan karakter.

 

Leave a Reply

WC Captcha 76 − = 68