jfisikaunm@gmail.com (0411)840662

Jurusan Fisika FMIPA UNM Laksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) KKN DRDK

Makassar – Jurusan Fisika FMIPA UNM melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Domisili Reguler Dalam Kampus (DRDK) Angkatan 1 di R.PPG Lantai 3 Gedung Jurusan Fisika Kampus Parang Tambung Universitas Negeri Makassar. Rabu (4/11/20).

Dokumentasi Dosen Pembimbing KKN DRDK dalam Menghadiri Kegiatan MONEV Mahasiswa KKN DRDK

Dr. Kaharuddin Arafah, M.Si, ketua jurusan fisika selaku dosen pembimbing KKN mengapresiasi kinerja mahasiswa KKN karena sangat membantu dalam hal pengembangan publikasi jurusan. “hal ini pelaksanaan KKN kampus tentu sangat membantu jurusan, karena program kerja yang dilaksanakan terkait dengan pengembangan publikasi jurusan, seperti pengelolaan website dan sistem informasi laboratorium”, ujarnya.

Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu mengetahui tingkat pencapaian pelaksanaan program kerja yang telah dirancang sebelumnya oleh mahasiswa KKN, kemudian selanjutnya akan dievaluasi apakah program kerja tersebut telah terlaksana sesuai dengan yang telah direncanakan.

Dokumentasi Mahasiswa KKN DRDK Melakukan Presentasi pada Kegiatan MONEV

Adapun progress kerja yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN yaitu terdiri atas 4 bidang kerja, yaitu bidang pengembangan website, pengelolaan perpustakaan jurusan, pengelolaan laboratorium, dan kreativitas/papan bicara.

Pengerjaan website jurusan fisika telah hampir tuntas terlaksana. Luaran yang diharapkan pada bidang ini yaitu terdapat 8 standar isi pada website jurusan dan 6 standar isi pada website prodi fisika.

Progress kerja bidang pengelolaan perpustakaan terfokus kepada pembuatan software SIP (Sistem Informasi Perpustakaan) Jurusan Fisika, sehingga luaran yang diharapkan pada software tersebut yaitu para petugas perputakaan lebih efisien dalam hal pengembalian dan peminjaman buku berbasis barcode, selain itu diharapkan kedepannya para mahasiswa ataupun masyarakat luar dapat mengakses ketersediaan buku/karya ilmiah di perpustakaan jurusan fisika berbasis online.

Kemudian pada bidang pengelolaan laboratorium juga terfokus kepada sistem informasi laboratorium berbasis website dan brosur. Sistem informasi laboratorium ini juga diharapkan dapat diakses oleh khalayak luar untuk mengetahui aktivitas/ fokus penelitian yang dilaksanakan di laboratorium jurusan fisika. Selanjutnya bidang kreativitas/papan bicara fokus kepada pengadaan taman fisika dan papan jurusan fisika.

Penulis : Rihan M. A.

Leave a Reply

WC Captcha 3 + 5 =