jfisikaunm@gmail.com (0411)840662

Mahasiswa Jurusan Fisika UNM Menjuarai Kompetisi EUREKA! 2018

Makassar – Berhasil mendapatkan juara dalam suatu kompetisi merupakan hal yang sangat membanggakan. Baru-baru ini, mahasiswa Pendidikan Fisika UNM mengikuti Kompetisi Research Based Learning (RBL) Eureka 2018. Kompetisi RBL Eureka adalah sebuah kompetisi berbasis RBL yang diselenggarakan untuk siswa SMA/MA dan Mahasiswa dalam lingkup nasional. Kompetisi ini merupakan kompetisi penciptaan produk sederhana melalui kegiatan RBL yang didasari atas karsa dan nalar dengan memanfaatkan konsep-konsep fisika serta dimaksudkan untuk menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini. Kompetisi ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu model/barang atau prototipe dan sejenisnya hasil kreasi dan inovasi sendiri atau dapat berupa pengembangan serta penyempurnaan produk terancang sebelumnya.

Dokumentasi Mahasiswa Jurusan Fisika Memaparkan Materi di Hadapan Dewan Juri

Berbagai pengalaman menarik mereka dapatkan usai mengikuti kompetisi ini. “Atmosfer kompetisinya sangat terasa dan membuat kami cukup tegang saat presentase, terlebih karena pada awal acara kami mengikuti seminar yang pematerinya merupakan salah satu dosen ITB yang sangat memukau dan membuka wawasan kami sebagai seorang fisikawan. Selain itu, mahasiswa ITB juga memberikan kesan yang hangat dan ramah ciri khas orang Bandung” kata Muhammad Thafsir saat diwawancarai.

Dokumentasi Pemberian Hadiah oleh Dewan Juri

Pada acara puncak Eureka! 2018 yang berlangsung di ITB tanggal 20 Januari 2018, Kelompok mahasiswa Pendidikan Fisika UNM berhasil memperoleh juara ke-tiga dan memperoleh piala, sertifikat, trofi dan uang pembinaan sebanyak tiga juta rupiah . Adapun profil ketiga mahasiswa yang berpartisipasi dalam kompetisi ini yaitu :

Nama     :  Ditya Zul Azmi

NIM          :  1512041006

Kelas       :  Pendidikan Fisika A 2015

Motto      :  Anggap saja tidak hidup jika tidak mampu bernilai bagi orang lain

Nama      :   Yaumil Khairin Septiani

NIM          :  1512041012

Kelas       :  Pendidikan FisikaA 2015

Motto      : Keluarlah dari zona nyaman untuk menghadapi tantangan, resiko dan konsekuensi untuk mengetahui bahwa ilmu tidak hanya sekedar di dalam buku.

Nama             :  Muh. Thafshir Triansha

NIM                  :  1512040005

Kelas               :  Pendidikan Fisika A 2015

Motto              :  Lebih baik sedikit yang jujur, daripada bergelimpahan karena curang.

Leave a Reply