jfisikaunm@gmail.com (0411)840662

Pelantikan dan Upgrading Pengurus HMJ Fisika FMIPA UNM Periode 2019/2020

Makassar – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar menggelar acara pelantikan pengurus HMJ periode 2019/2020 di Aula Lt 3 Gedung FD Laboratorium Fisika FMIPA UNM Parangtambung, Jumat (24/01). Acara ini dirangkaikan dengan Upgrading yang mengangkat tema “Meningkatkan Sinergi dan Profesionalitas Pengurus HMJ Fisika demi Meningkatkan Fungsi Kerja Lembaga yang Optimal”. Pelantikan pengurus dilakukan oleh Ketua Jurusan Fisika FMIPA UNM, Dr. Ahmad Yani, M.Si. Pelantikan yang dimulai pada pukul 09.00 WITA tersebut merupakan agenda resmi dari HMJ Fisika sebagai pengukuhan bagi Pengurus HMJ terpilih dalam mengemban tugas satu tahun kedepan. Hal tersebut diungkapkan Ketua HMJ Fisika terpilih, Dian Awaluddin Adam, saat ditemui  seusai acara. “Pelantikan ini sebagai pengesahan kepengurusan HMJ untuk tahun periode 2019/2020 karena apabila tidak dilantik, program baru pun tidak akan bisa terlaksana,” tuturnya.

Sumber: Dokumentasi Pelantikan dan Upgrading Pengurus HMJ Fisika FMIPA UNM Periode

Acara pelantikan ini dihadiri sejumlah perwakilan HMJ/HMPS dan UKM di lingkungan Fakultas MIPA UNM, selain itu turut hadir Dosen Pembina HMJ yakni Dr. Khaeruddin, S.Pd.,M.Pd. Susunan kepengurusan terdiri dari Ketua Umum, Sekertaris Umum, Staf Sekertaris Umum, Bendahara Umum, Ketua Bidang dan Staf Bidang, yang semuanya berjumlah 17 Orang. Untuk memperlancar kerja organisasi pengurus HMJ Fisika 2019/2020 didampingi oleh 5 orang Badan Koordinasi dan 2 orang Dosen Pembina. Terdapat 4 bidang kerja dalam struktur kepengurusan yakni Bidang Keorganisasian, Bidang Keilmuan, Bidang Hubungan Masyarakat dan Bidang Advokasi.

Adapun susunan kepengurusan HMJ Fisika FMIPA UNM Periode 2019/2020 diberikan sebagai berikut:

Penanggung Jawab : Ketua Jurusan Fisika FMIPA UNM

Pembina                       : Dr. Khaeruddin, S.Pd.,M.Pd dan Muh. Saleh, S.Si,M.Si

Badan Koordinasi   :

  1. SARIFUDDIN (KOORD)
  2. AKHSAN RIAN ANUGRAH
  3. ASNIAR
  4. NADIAH RAHMAYANI IMRAN
  5. SARINA

SUSUNAN PENGURUS HMJ FISIKA FMIPA UNM

PERIODE TAHUN 2019/2020

  • Ketua Umum                    : DIAN AWALUDDIN ADAM
  • Sekretaris Umum           : HASRIANA
  • Staf Sekretaris Umum : FADILAH AFIFAH
  • Bedahara Umum            : MEGA FIRTA

A. Bidang Keorganisasian

  • Ketua Bidang : AKMAL
  • Staf Bidang     : TRIANA MUSRYANI dan RIZHA MAWARNI REKEN

B. Bidang Keilmuan

  • Ketua Bidang : MUH. FATIH AMAR FAUZAN
  • Staf Bidang     : RIRIN NOVIANTY dan FARIDA NUR IQHWANI H

C. Bidang Hubungan Masyarakat

  • Ketua Bidang : BURHANUDDIN
  • Staf Bidang     : SYAHRUL RAMADHAN, A. ISLAMTI, dan FIRNANDA BASTIAN

D. Bidang Advokasi

  • Ketua Bidang : RINALDI
  • STaf Bidang    : SHELY RIZKY APRILIA.R dan MUH. RAFIK HASAN

Ketua Jurusan dan Pembina HMJ dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus HMJ 2018/2019 atas peran aktifnya dalam membantu jurusan mewadahi mahasiswa Jurusan Fisika dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, dan selamat kepada Pengurus HMJ 2019/2020 terpilih, semoga kepengurusan periode ini lebih baik dari periode sebelumnya dan terus menjadi wadah bagi mahasiswa Jurusan Fisika dalam menggali potensi akademik maupun non akademiknya, mengingat banyak sekali peluang yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menjawab tantangan di masyarakat. Ketua Jurusan Fisika secara tegas menyampaikan bahwa Jurusan akan selalu siap mendukung dan memfasilitasi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ mendatang. Diakhir sambutannya, beliau berpesan kepada pengurus yang baru dilantik agar dapat belajar berorganisasi secara fokus, konsisten, tulus dan ikhlas, serta tidak meninggalkan tujuan utamanya kuliah, mengharapkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan tidak mengganggu kegiatan akademik, karena akademik tetap yang utama, kemudian beliau mengakhiri dengan berpesan “buktikan bahwa anda bisa sukses dikuliah dan di organisasi

Sumber: Dokumentasi Pelantikan dan Upgrading Pengurus HMJ Fisika FMIPA UNM Periode
Dokumentasi Peserta Pelantikan dan Upgrading Pengurus HMJ Fisika FMIPA UNM Periode 2019/2020

Setelah acara pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan SK Pelantikan Pengurus HMJ, Pembacaan Ikrar dan serah terima kunci sekret yang dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Fisika FMIPA UNM. Diharapkan pengurus baru HMJ Fisika Periode 2019/2020 dapat mengharumkan nama Jurusan Fisika FMIPA UNM dengan prestasi-prestasinya.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para pengurus yang baru dilantik, maka kegiatan dilanjutkan dengan Upgrading. Pada tahun ini, kegiatan rutin ini mengangkat tema “Meningkatkan Sinergi dan Profesional Pengurus HMJ Fisika Demi Mewujudkan Kerja Lembaga yang Optimal”. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan hari Sabtu (25/1) sampai minggu (26/1) di Tanjung Bayam, Makassar dengan peserta seluruh pengurus HMJ dan beberapa panitia  dari warga fisika.

Pemberian Materi oleh Dr. Khaeruddin, S.Pd., M.Pd

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini dari unsur dosen Fisika FMIPA UNM yakni Dr. Khaeruddin, S.Pd.,M.Pd dan Muh. Saleh, S.Si.,M.Si sementara unsur mantan pengurus lembaga Muammar Qadar, S.Pd, M.Pd, Sultan Rustan, S.Pd, Anugrah, S.Pd, Agung Din Eka Hidayat, Afrida Nurfadhila dan Ahmad Faisal Idrus yang membawakan materi tentang Manajemen Organisasi, Analisis SWOT, Peran dan Tanggung Jawab Himpunan, Dinamika Kelompok, Teknik Negosiasi dan Komunikasi Efektif, Administrasi dan Kesekretariatan, Pengambilan Keputusan Stategis  dan Kebendaharaan. Selain materi-materi yang bertema keorganisasian, upgrading kali ini ditutup dengan kegiatan Outbond dengan tujuan untuk mempererat ikatan emosional antar pengurus HMJ sehingga semua dapat bersinergi secara bersama untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Leave a Reply

WC Captcha 60 − = 56