jfisikaunm@gmail.com (0411)840662

Jurusan Fisika FMIPA UNM-Rapat Kerja dan Persiapan Perkuliahan Semester Genap 2019/2020

Makassar – Jurusan Fisika FMIPA UNM pada tanggal 28 Desember 2019 bertempat di Saung Rindu Alam, Jalan Poros Pattallassang Kab. Gowa Sul-sel telah melaksanakan rapat kerja dan persiapan perkuliahan semester genap tahun akademik 2019/2020. Kegiatan rutin ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Tridarma PT dan menyusun rencana kegiatan pada semester yang akan datang.

Peserta kegiatan ini adalah dosen dan pegawai jurusan Fisika FMIPA UNM. Acara dibuka oleh Ketua Jurusan, Dr. Ahmad Yani, M.Si, dalam sambutannya beliau memberikan arahan tentang perlunya sinergi seluruh civitas fisika untuk bersama-sama melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Lebih lanjut beliau menambahkan perlunya segera melakukan penyempurnaan kurikulum di prodi pendidikan fisika dan prodi fisika sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan sains dan teknologi serta perubahan roadmap ataupun kebijakan pendidikan tinggi yang sekarang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini penting dilakukan dengan tujuan agar kurikulum yang dihasilkan dapat memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki kompetensi dan daya saing yang yang unggul. 

Dokumentasi Kegiatan Rapat Kerja dan Persiapan Perkuliahan Semester Genap 2019/2020 Jurusan Fisika FMIPA UNM
Dokumentasi Kegiatan Rapat Kerja dan Persiapan Perkuliahan Semester Genap 2019/2020 Jurusan Fisika FMIPA UNM

Evaluasi terkait dengan program pada semester sebelumnya, beliau berpesan bahwa “semua rencana program telah terlaksana dengan baik, meskipun demikian masih tetap dibutuhkan peningkatan kualitas khsusnya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”.

Beberapa catatan penting dari hasil kegiatan ini adalah:

  1. Kegiatan bidang I (pendidikan dan Pengajaran): perlu optimalisasi peran gugus penjaminan mutu untuk melalukan evaluasi khusus pada kegiatan-kegiatan yang menjadikan begitu mudah-kelemahan yang tersedia segera dapat diatasi.
  2. Kegiatan bidang II (penelitian): perlu dibentuknya rumpun keilmuan, roodmap penelitian yang dapat mendorong dosen untuk melakukan penelitian pada bidang keahlian masing-masing dan melakukan publikasi pada seminar dan jurnal bereputasi (terindek scopus)
  3. Kegiatan bidang III (pengabdian): Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat harus benar-benar menyentuh dan memberi dampak terhadap masyarakat, untuk itu semua luaran hasil penelitian dosen wajib untuk didesiminasikan kepada masyarakat.
  4. Hal lain yang dianggap perlu dilakukan adalah mengoptimalkan peran mahasiswa khususnya pengurus HMJ dalam kegiatan penelitian ataupun pengabdian dosen.
Foto Bersama Peserta Rapat Kerja dan Persiapan Perkuliahan Semester Genap 2019/2020 Jurusan Fisika FMIPA UNM

Sebagai penutup, dilakukan makan siang dan berfoto bersama. Semoga hasil dari Rapat Kerja Jurusan Fisika ini dapat diimplementasikan sehingga dapat memberikan kemajuan yang signifikan bagi Jurusan Fisika FMIPA UNM.

Leave a Reply

WC Captcha − 2 = 2