Field Research Group (FRG) Strategi Metakognisi dalam Pembelajaran Fisika berfokus pada penelitian dan pengembangan strategi berpikir tingkat tinggi yang membantu siswa dalam memahami, mengelola, dan mengevaluasi proses belajarnya sendiri. Pendekatan metakognitif dalam pembelajaran fisika bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap cara mereka berpikir dan belajar, sehingga mampu meningkatkan pemecahan masalah, pemahaman konsep, serta kemandirian dalam belajar.
Kami mengembangkan model dan strategi metakognitif yang sesuai untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Dengan mengombinasikan pendekatan teori dan praktik, kami berupaya menciptakan model pembelajaran fisika yang lebih reflektif, efektif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pemahaman siswa.
FRG ini membuka peluang kolaborasi dengan akademisi, guru, serta praktisi pendidikan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi metakognitif guna menciptakan generasi pembelajar yang lebih mandiri dan adaptif dalam menghadapi tantangan di era modern.
Kami meneliti dan mengembangkan berbagai strategi metakognisi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fisika pada berbagai jenjang pendidikan. Beberapa fokus utama penelitian kami meliputi:
Jenjang Pendidikan Dasar
Meneliti dan mengembangkan strategi metakognitif dalam pembelajaran IPA dengan konsentrasi pada konsep-konsep fisika, guna meningkatkan pemahaman serta keterampilan berpikir kritis siswa di tingkat dasar.
Jenjang Pendidikan Menengah
Mengembangkan pendekatan metakognitif dalam pembelajaran fisika yang membantu siswa sekolah menengah dalam meregulasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep fisika yang lebih kompleks.
Jenjang LPTK
Merancang strategi metakognitif untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika di LPTK, guna membekali calon pendidik dengan kemampuan berpikir reflektif dan strategi pengajaran berbasis metakognisi.
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
Menguji efektivitas strategi metakognitif dalam pembelajaran fisika di tingkat dasar dan menengah, serta mengevaluasi dampaknya terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa.
Jenjang LPTK
Meneliti bagaimana strategi metakognitif dapat diimplementasikan dalam kurikulum pendidikan guru fisika untuk meningkatkan keterampilan reflektif calon pendidik, sehingga dapat diterapkan dalam praktik mengajar mereka.