fisika@unm.com (0411)840662
Field Research Group

Model Pembelajaran Fisika Inovatif

Ketua Grup

Dr. Abd. Haris, M.Si

Deskripsi Riset Grup

Field Research Group (FRG) Model Pembelajaran Fisika Inovatif berfokus pada pengembangan dan penerapan strategi pembelajaran yang mendorong kreativitas, keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta pemanfaatan teknologi dalam pendidikan fisika.

Kami mengeksplorasi berbagai pendekatan pembelajaran berbasis inovasi guna meningkatkan efektivitas pengajaran, keterlibatan siswa, serta kesiapan mereka menghadapi tantangan di era digital. Dengan mengintegrasikan teori pendidikan modern dan praktik berbasis bukti, FRG ini berupaya menciptakan model pembelajaran yang lebih adaptif, kolaboratif, dan berorientasi pada keterampilan abad ke-21.

Melalui penelitian dan eksperimen kelas, kami mengembangkan model yang tidak hanya relevan secara akademik tetapi juga dapat diimplementasikan dalam berbagai tingkat pendidikan. Kami membuka peluang kolaborasi dengan akademisi, praktisi pendidikan, serta institusi yang memiliki visi yang sama dalam memajukan pembelajaran fisika yang lebih dinamis dan bermakna.

Topik Riset Grup

Kami mengembangkan berbagai model pembelajaran inovatif yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar fisika melalui pendekatan yang berbasis kreativitas, teknologi, dan kolaborasi. Beberapa fokus penelitian kami meliputi:

Pembelajaran Berbasis Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Mengembangkan strategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, serta mengeksplorasi konsep fisika secara mendalam melalui pendekatan inovatif, seperti:

  • Dynamic Problem Solving (DPS)
  • Argument-Driven Inquiry (ADI)
  • PBL, PjBL, Case Methode, IBL, DBL, Flipped Classroom, Inquiry dan Discovery

Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Digital

Meneliti dan mengembangkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran fisika, termasuk pemanfaatan simulasi interaktif, augmented reality (AR), virtual reality (VR), serta aplikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran konsep-konsep fisika yang kompleks.

Pembelajaran Kolaboratif dan Berorientasi pada Keterampilan Abad 21

Menganalisis efektivitas strategi pembelajaran yang berbasis kerja sama dan keterampilan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, serta kreativitas guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia nyata.

OUR TEAM

Model Pembelajaran Fisika Inovatif
  • Dr. Khaeruddin, M.Pd.
    Tim Peneliti
  • Usman, S.Si., M.Pd.
    Tim Peneliti
  • Mutahharah Hasyim, S.Pd., M.Pd.
    Tim Peneliit
  • Trisno Setiawan, S.Pd., M.Pd.
    Tim Peneliti
  • Ihfa Indira Nurnaifah, S.Pd., M.Pd.
    Tim Peneliti